Senin, 24 Maret 2014

KUMPULAN SOP TERLENGKAP


KUMPULAN SOP TERLENGKAP


Standard Operating Procedure (SOP) adalah penetapan tertulis mengenai apa yang harus dilakukan, kapan, dimana, dan oleh siapa saja yang terlibat dalam sebuah tindakan atau kegiatan. SOP dibuat untuk menghindari terjadinya variasi dalam proses pelaksanaan kegiatan yang akan mengganggu kinerja organisasi secara keseluruhan. SOP merupakan mekanisme penggerak organisasi/lembaga agar dapat berjalan/berfungsi secara efektif dan efisien.

Dalam organisasi pemerintah, pembuatan SOP diperlukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan publik yang optimal dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Kondisi ini memotivasi partisipasi sukarela masyarakat pada program pemerintah.

Dalam keperawatan posisi SOP sangat diperlukan dalam semua situasi tindakan keperawatan. Keperawatan tanpa SOP itu ibarat guru mengajar tanpa buku. Jadi dalam segala hal SOP itu sangat dibutuhkan. Selain itu SOP juga bersifat melindungi siapa saja. Hal yang dimaksud adalah ketika seseorang bekerja terjadi kesalahan yang tidak diharapkan maka SOP akan menolong, sebab ia telah bekerja sesuai dengan prosedure yang tercantum dalam SOP yang telah ditetapkan dan disepakati.

Dalam blog ini akan kami sajikan kumpulan SOP Keperawatan terlengkap dan terbaru sebagai sumber informasi dan rujukan dari kajian saudara.

Beberapa contoh SOP Keperawatan yang terbaru adalah sebagai berikut:
  1. Kumpulan SOP IGD
  2. Kumpulan SOP Pelayanan
  3. Kumpulan SOP Bedah
  4. Kumpulan SOP Eliminasi
  5. Kumpulan SOP Kebutuhan Cairan dan Elektrolit
  6. SOP Pemberian Obat
  7. SOP Oksigenasi
  8. SOP Aktivitas dan Mobilitas
  9. SOP Pengkajian
  10. SOP Perioperatif dan pos Operatif
  11. SOP Higyene dan Infeksi
Dalam penyusunan SOP tentunya tidak terlepas dari susunan proses komunikasi dan proses keperawatan. Penggabungan dua proses tersebut akan menghasilkan sebuah Standar Operasional Prosedure (SOP) yang berkualitas, bernilai dan mengutamakan sentuhan caring didalamnya.

Semoga tulisan kecil ini bisa bermanfaat untuk semua. Salam perawat Indonesia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar